18 Jun 2025
WIB
Berita Pemerintahan

Jakarta, 1 September 2022 –Kementerian Perdagangan mencatat, saat inisudah ada 11.531 eksportir lokal dan6.835 jenis produkberorientasi eksporyang telah tergabung dalam platform layanan ekspor one-stop service InaExport.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi terus mengajak lebih banyak eksportir dan calon eksportir untuk bergabung dalam layanan ini yang dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma.“LayanandiInaExport ini bebas biaya.

Untuk itu, InaExport harus dimanfaatkan pelaku usaha seluas-luasnyadalam mempromosikan produk ekspor Indonesia.

Kami harap InaExport dapat meningkatkan transaksi perdagangan internasional dan meningkatkan kinerja ekspor bagi pelaku usaha Indonesia,

”kata Didi.Didi menambahkan, InaExport menjadi salah satu langkah transformasi digital eksportirnasional melalui sistem elektronik. InaExport juga merupakan direktori bisnis yang fokus mempromosikan produk eksportir-eksportir Indonesia.

InaExportpunmenjadi jembatan penghubung dengan calon pembeli dari luar negeri dan perwakilan perdagangan di luar negeri.

InaExport juga memiliki fasilitas promosi luring yaitu Permanent Trade Exhibition (PTE) atau ruang promosi permanen bagi produk ekspor Indonesia.

Lokasinya dilantai 2Gedung Utama Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat. Pada periode Januari–Agustus 2022,telah ditampilkan 200 jenis produk dalam negeri di Ruang PTE. Selain untuk promosi, InaExport juga menyediakan 537 business intelligenceatau informasi pasar ekspor di luar negeri.

Merespons perubahan digital yang dinamis,Ina Export melalui inaexport.id pun terus dikembangkan secara konsisten untuk memenuhi kebutuhan seluruh pemangku kepentingan. Inaexport.id saat ini sudah memiliki fitur inquiry, katalog elektronik, pameran virtual, aplikasi berbasis mobile, hingga konsultasi bisnis.

“Sejak ada layanan Ina Export, pelaku ekspor sudah dapat menggunakannyauntuk mempromosikan produk-produk unggulan mereka. InaExportini akan memberikan manfaat optimal bagi seluruh pelaku usaha ekspor dalam negeri, pembelidi luar negeri, perwakilan perdagangan RI di luar negeri, serta para pemangku kepentingan melalui empatkeunggulan yang ditawarkan,”imbuh Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor KemendagMarolop Nainggolan. (RAM/RED).

Share: