Sebanyak 33.196 Panggilan Menghubungi Layanan Serang Siaga 112

Sebanyak 33.196 Panggilan Menghubungi Layanan Serang Siaga 112

Sebanyak 33.196 Panggilan Menghubungi Layanan Serang Siaga 112

Serang, 26/11/2020 – Serang Siaga 112 merupakan layanan kegawadaruratan yang memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat dalam penanganan keadaan gawat darurat (emergency) secara terpadu melalui pengintegrasian layanan kegawatdaruratan pada Organisasi Perangkat Daerah/Unit Pelaksanan Teknis, Instansi Pemerintah dan Instansi terkait lainnya ke dalam layanan nomor tunggal panggilan darurat 112.

Adapun tujuan dari layanan serang siaga 112 ini adalah membentuk sistem pusat panggilan darurat yang terpadu, mempermudah masyarakat dalam penanggulangan keadaan darurat, mempercepat penanggulangan keadaan darurat dan mempermudah koordinasi antara instansi.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang W. Hari Pamungkas sebagai penanggung jawab layanan Serang Siaga 112, pada bulan Januari hingga November 2020 sebanyak 33.196 panggilan agent menghubungi layanan serang siaga 112, dengan total panggilan yang terjawab sebanyak 27.485 panggilan, dengan intensitas panggilan yang benar-benar seputar kegawatdaruratan adalah 190 panggilan. Selebihnya adalah panggilan prank, ghost atau larangan.

Melihat hal itu, bisa disimpulkan banyak masyarakat yang masih belum bisa membedakan dimana panggilan yang berjenis layanan darurat dan layanan kemanusiaan. Bersama tujuan ini pula lah menjadi pedoman pentingnya kehadiran layanan 112 dengan kerjasama dari semua elemen yang ada, seperti OPD maupun Pejabat Vertikal. Ini menjadi penting dengan adanya saran dan masukan yang baik terkait program, sop dan hal lainnya