Plh Gubernur Banten Al Muktabar Ajak Pers Berkontribusi Tuntaskan Pengangguran.

Plh Gubernur Banten Al Muktabar Ajak Pers Berkontribusi Tuntaskan Pengangguran.

Plh Gubernur Banten Al Muktabar Ajak Pers Berkontribusi Tuntaskan Pengangguran.

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Banten, Al Muktabar mengajak pers turut berkontribusi tuntaskan pengangguran di Provinsi Banten. Hal itu dikatakan Al Muktabar saat memberikan sambutan pada Pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten Masa Bakti 2024-2029 di Aula Serbaguna Taman Wisata MBS, Kemanisan, Curug Kota Serang, Selasa (14/5/2024).

Menurut Al Muktabar, kolaborasi, dukungan dan kontribusi peran pers melalui tulisan pemberitaan, investigasi lapangan dan konsep isu strategis yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Banten dapat menjadi jembatan komunikasi dalam menganalisis kebijakan penyusunan policy brief dalam menekan angka pengangguran di Provinsi Banten.

"Peran awak media sangat dibutuhkan Pemprov Banten dalam penyusunan policy brief," ungkap Al Muktabar.

"Sehingga pemberitaan-pemberitaan yang positif dan lengkap sangat membantu pemerintah tekan angka pengangguran di Provinsi Banten," tambahnya.

Selain itu, Al Muktabar juga mengajak insan pers yang memiliki kemampuan khusus di bidang pertanian, kelautan dan perikanan, perkebunan dan lain-lain untuk memanfaatkan kemampuannya dengan mengajak dan memperjuangkan generasi muda yang memiliki background pendidikan, bakat dan mata pencaharian di bidang tersebut untuk konsen ke arah yang dituju. Hal itu dapat bekerjasama dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Banten dalam tekan angka pengangguran.

"Peran pers sangat strategis dan dapat memberikan gagasan tekan angka pengangguran. Insan pers yang memiliki kemampuan bidang pertanian, perkebunan dan lain-lain dapat memberikan gagasan dan berjuang bersama Pemprov Banten agar generasi-generasi muda kita angkat dan konsen ke arah sana. Kolaborasi kita bisa melalui Dinas OPD dan BUMD Pemprov Banten," ucapnya.

"Misalnya, para orang tua tidak ingin anaknya menjadi petani dan ingin menjadi pegawai, tetapi peran pers bisa bersama-sama memberikan gagasan bahwa anaknya bisa menjadi pegawai di bidang pertanian. Kita ada Aparatur P3K, Kerja sama melalui BUMD, lahan-lahan terlantar bisa kita manfaatkan. Gagasan itu yg kita butuhkan sehingga dapat menekan angka pengangguran," tambahnya.

Di kesempatan ini Al Muktabar mengucapkan selamat kepada jajaran PWI Provinsi Banten masa bakti 2024-2029 yang baru dilantik.

"Selamat atas pelantikan kepengurusan PWI Provinsi Banten masa bakti 2024-2029, semoga program kerja PWI dapat membawa nilai-nilai positif terhadap Provinsi Banten yang kita cintai," tutupnya.

Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun melantik Kepengurusan PWI Provinsi Banten Periode 2024-2029 berdasarkan Surat Keputusan PWI Pusat Nomor. 194-PGS/PP-PWI/2024 tentang Pengesahan PWI Provinsi Banten Masa Bakti 2024-2029 dengan menetapkan Dewan Penasihat Ketua Lesman Bangun, Kepengurusan harian Ketua Rian Nopandra, Sekretaris Fahdi Khalid, Bendahara RPS Aji Waskita. Serta SK Nomor. 195-PGS/PP-PWI/2024 tentang Pengukuhan Susunan Dewan Kehormatan Provinsi Banten masa bakti 2024-2029 dengan Ketua merangkap Anggota Muhammad Khofid dan Sekretaris Iwan Jamaludin.

Pada kesempatan ini dirinya mengatakan kepada Pengurus PWI Provinsi Banten masa bakti 2024-2029 diharapkan dapat segera menyusun program kerja yang sejalan dengan PWI Pusat khususnya berkonsentrasi terhadap pendidikan dan peningkatan kompetensi anggota.

“Saya berharap agar konsentrasi PWI Provinsi Banten program kerjanya sama dengan PWI pusat. Sebagai jumlah anggota organisasi sebanyak 22 ribu lebih anggota, 16 ribu diantaranya memiliki sertifikat kompetensi. Kita melakukan upaya PWI Pusat menjadikan anggota PWI seluruh Indonesia menjadi anggota terbaik melalui peningkatan kompetensi,” ungkap Hendry.

Selain itu, dirinya juga mengatakan demi terciptanya stabilitas keamanan daerah yang damai dan aman terhadap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 yang akan datang, dibutuhkan kontribusi peran anggota PWI dalam menulis berita mulai dari sebelum, selama dan sesudah Pilkada 2024 dengan positif.

“Agar terciptanya stabilitas keamanan daerah yang baik, para Anggota PWI seluruh Indonesia diharapkan dapat menulis pemberitaan mulai dari sebelum, selama dan sesudah Pilkada 2024 dengan tone positif,” ucap Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun. (HS/RED)