09 Jun 2025
WIB
Berita Pemerintahan

Serang,-  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Kota Serang meraih penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Banten.

Penghargaan yang diterima Disdukcapil Kota Serang terkait pelayanan publik.

Dengan prestasi tersebut, Disdukcapil Kota Serang mendapat apresiasi dari Penjabat Walikota Serang Nanang Saefudin.

Kepala Disdukcapil Kota Serang Dulbarid mengatakan, penghargaan dari Ombudsman terkait pelayanan publik Disdukcapil Kota Serang terhadap masyarakat.

"Alhamdulillah kalau untuk Kota Serang ini yang pertama, kalau untuk Banten ini kedua dari Ombudsman," ujar Dulbarid,

Ia menjelaskan, beberapa indikator yang membuat Disdukcapil Kota Serang meraih penghargaan, mulai dari sarana, alat, dan toilet pengunjung.

"Jadi apa yang menjadi indikator dari Ombudsman, Alhamdulillah kita ada walaupun terbatas, karena tahu sendiri kondisi sarana di kantor Disdukcapil," ucap dia.

Belum lagi, lanjut Dulbarid, pelayanan di Disdukcapil Kota Serang ramah terhadap masyarakat.

"Alhamdulillah kita dari segi pelayanannya, keramahannya, kemudian cepatnya begitu ada berkas, lengkap, lima menit jadi. Ini mungkin yang menjadi indikator. Tidak menjadi penumpukan," katanya.|

Ia menerangkan, kategori penghargaan yang diterima dari Ombudsman terkait pelayanan berwarna hijau pekat.

"Kalau Ombudsman itu kategorinya hijau pekat, kuning, sama merah. Kita ini hijau pekat nilainya 96,96," terang Dulbarid.

Walau telah menerima penghargaan, Dulbarid akui masih banyak pekerjaan rumah atau PR yang harus ditingkatkan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (FL/RED)

Share: