
Pelayanan medis merupakan serangkaian kegiatan yang diberikan kepada pasien sesuai standar pelayanan medis yang telah ditentukan dan biasanya pada pelayanan tersebut digunakan sumber daya serta fasilitas yang optimal.
Pelayanan medis untuk saat ini tidak dibatasi oleh letak geografis dan jarak setiap pasien individu atau kelompok yang ingin konsultasi kesehatannya dengan dokter tidak perlu repot cukup hanya menggunakan layanan telemidice.
Telemedice atau telemidisin adalah layanan pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Telemedicine atau konsultasi online didefinisikan oleh American Academy of Family Physicians sebagai praktik penggunaan teknologi untuk memberikan pelayanan kesehatan secara jarak jauh. Seorang dokter di satu tempat dapat menggunakan teknologi komunikasi untuk melayani pasien yang berada di tempat lain.
Dalam penggunaan layanan Telemedicine menurut WHO menjelaskan ada tiga tujuan utama, yakni:
Satu, Bertujuan memberikan dukungan klinis. Dua, Berguna untuk mengatasi hambatan geografis dan jarak.
Tiga, Melibatkan penggunaan berbagai jenis perangkat teknologi informasi.
Selain tujuan di atas Layanan Telemedicine juga memiliki fungsi utama lainnya yaitu, untuk mempermudah pelayanan medis tentang fasilitas kesehatan, terutama bagi masyarakat yang sulit terjangkau dan juga berfungsi memudahkan sistem rujukan pasien antar-rumah sakit atau dari puskesmas ke rumah sakit.
Data cukup dikirim dengan teknologi sehingga mengurangi risiko kerusakan atau hilang di tengah jalan dan pasien tidak perlu lagi risau akan lupa membawa dokumen ketika datang ke rumah sakit rujukan.
Diantara Layanan Telemedisin saat ini yang sudah melakukan kerjasama dengan Kemenkes RI adalah, Alodokter, getwell, Good Doctor, halodoc, klikdokter, klinikgo, linksehat, mikvik, prosehat, sehatQ, dan Yesdok. (HS/RED).
Foto : Google
Penulis Artikel : Benies Husaeni, M. Pd
Editor : Bagus Setya Kurniawan, SH. MH
Share:
Categories
More News





