Pemkot Serang Minta Aparat Desa Proaktif Bangun Kelurahan Siaga Aktif

0
14

Serang- Wakil Walikota Serang Sulhi Menyatakan Pihaknya Meminta Pada Aparat Kelurahan Agar Memaksimalkan Perannya Dalam Mengembangkan Kelurahan  Siaga. Sebab Hingga Saat Ini Pembentukan Kelurahan Siaga Aktif Di Kota Serang Belum Optimal.

Menurutnya Kelurahan Siaga Aktif Adalah Kelurahan Yang Penduduknya Dapat Mengakses Kesehatan Dengan Mudah Melalui Poskesdes, Pustu Atau Pelayanan Puskesmas. Serta Penduduknya Dapat Mengembangkan Unit Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM). “Jadi Aparat Kelurahan Dapat Memantau Penyakit Terkait Kesehatan Ibu, Anak Dan Gizi, Lingkungan Dan Prilaku Masyarakat.  Sehingga Masyarakatnya Dapat Menerapkan Prilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS)” Ujarnya Dalam Sambutan Pada Acara Pertemuan Lintas Sektor Dan Lintas Program Desa Atau Kelurahan Siaga Aktif Kota Serang,  Di Salah Satu Rumah Makan Di Kota Serang, Senin(14/5/2018)

k 2

Ia Memaparkan  Pengembangan Desa Dan Kelurahan Siaga Aktif Harus Tercakup Dalam Rencana Pembangunan Desa, Baik Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) Dan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa). Mekanisme Perencanaan Dan Penganggarannya Dibahas Melalui Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Sedangkan Kegiatan-Kegiatan Dalam Rangka Pengembangan Kelurahan Siaga Aktif Diusulkan Melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kota.

Adapun Untuk Pelaksanaan Ditingkat Kelurahan, Pengembangan Kelurahan Siaga Aktif Mengacu Kepada Kebijakan Atau Peraturan Yang Ditetapkan Oleh Walikota.

“Kami Harap Semua Pihak Yang Terkait Dalam Pelaksanaan Desa Dan Kelurahan Siaga Aktif Dapat Berperan Optimal Sesuai Tugas Dan Fungsinya Masing-Masing Agar Tujuan Pengembangan Desa Dan Kelurahan Siaga Aktif Yaitu Masyarakat Peduli, Tanggap, Dan Sehat Secara Mandiri Dapat Terwujud,” Harapnya.

Sumber: Diskominfo Kota Serang Penulis: Maulida

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!