SMK Negeri 4 Pontianak

Jl. Komodor Yos Sudarso, Sungai Beliung, Pontianak Barat., Kota Pontianak, Kalimantan Barat

Telp : (0561) 8127121 Email : smkn4pontianak@gmail.com

Penerapan Ulangan Umum Berbasis Komputer (CBT)

Sabtu, 29 April 2017 ~ Oleh Yuven ~ Dilihat 62 Kali

SMK Negeri 4 Pontianak melakukan terobosan baru dalam pelaksanaan ulangan umum semester ganjil tahun pelajaran 2016.
Salah satunya dengan melakukan ulangan umum berbasis komputer atau akrab disebut CBT yang terselenggara pertama kalinya, Kamis, (1/12).

“Hari ini kita mencoba menerapkan ulangan umum CBT pertama, semua mata pelajaran akan diujikan, karena keterbatasan perangkat komputer maka panitia hanya menyediakan satu ruang lab komputer untuk satu jurusan yaitu jurusan Teknik Komputer dan Jaringan saja,” Yuven, koordinator Ulangan Umum CBT SMK Negeri 4 Pontianak.

Sebelumnya, Ulangan Umum di SMK Negeri 4 Pontianak selalu dilakukan dengan paper based test (PBT) atau dengan kertas, terobosan ini dimaksudkan untuk menciptakan pola ujian yang lebih fleksibel, efektif dan efesien serta mendekati model ujian nasional berbasis CBT.

Pantauan di lapangan, Ulangan Umum CBT berjalan dengan lancar. Para peserta ulangan melakukan login dengan menggunakan nomor induk siswa disertai dengan pasword yang telah diberikan panitia UUB.
Setelah login, para peserta ujian langsung dipersilahkan untuk mengerjakan soal yang tertera di layar komputer. 


Ulangan ini sama persis seperti yang dilakukan ketika UN CBT, server terkoneksi pada internet namun untuk user mengerjakan soal dilakukan dengan offline, sehingga tidak tergantung jaringan internet. Ujian ini sebenarnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan laptop atau smartphone. Puji Syukur Ulangan Umum CBT pertama ini berjalan sukses dan lancar.

 

Sekilas-info

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Haryanto, ST

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.Salam Sejahtera dan Selamat Datang di website SMK Negeri 4 Pontianak Selamat berjumpa di SMK Negeri 4 Pontianak melalui media…

Selengkapnya