Oktober 23, 2014

Uraian Tugas Pokok dan Fungsi Satpol PP

 

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

 

NO

 

NAMA JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1 Kepala Satuan Memimpin, mengatur, mengkoordinasikan, dan mengendalikan seluruh kegiatan penyelenggaraan tugas dan fungsi SatPol PP T, sesuai dengan Visi dan Misi Kota Serang yang terjabarkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah dibidang penegakan Perundang-undangan daerah ketertiban umum, ketentraman masayarakat, sumber daya aparatur dan perlindungan masyarakat.
  1. Penyusunan perencanaan dibidang penegakan perundang-undangan daerah, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, sumber daya aparatur dan perlindungan masyarakat;
  2. Perumusan kebijakan teknis dibidang penegakan perundang-undangan daerah, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, sumber daya aparatur dan perlindungan masyarakat;
  3. Pelaksanaan urusan pemerintahan dan pelayana umum dibidang penegakan perundang-undangan daerah, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, sumber daya aparatur dan perlindungan masyarakat;
  4. Pembinaan, koordinasi, pengendalian dan fasilitas pelaksanaan kegiatan dibidang penegakan perundang-undangan daerah, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, sumber daya aparatur dan perlindungan masyarakat;
  5. Pelaksanaan kegiatan Ketatausahaan dinas;
  6. Pembinaan terhadap UPTD ( Unit Pelaksaaan Teknis Dinas );
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas fungsinya.

 

  1. Mengkoordinasikan kegiatan dibidang penegakan perundang-undangan daerah, ketertiban umum, ketentraman masyarakat, sumber daya aparatur dan perlindungan masyarakat, dengan pihak terkait, sehingga tercipta sinkronisasi program kerja secara sinergis;
  2. Merumuskan sasaran kebijakan dibidang penegakan perundang-undangan daerah, ketertiban umum, ketentraman masyarakat, sumber daya aparatur dan perlindungan masyarakat, dengan mengkaji aspek-aspek yang berkaitan dengan bidang penegaka perundang-undangan daerah, agar penyelenggaraan kinerja dapat berjalan baik;
  3. Membina pegawai pada Satuan Polisi Pamong Praja Type A Kota Serang dan UPTD SatPol PP kecamatan dengan memberikan arahan untuk peningkatan motivasi kerja;
  4. Mengarahkan kegiatan dibidang Penegakan Perundang-undangan Daerah, ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Sumber Daya Aparatur dan Perlindungan Masyarakat dengan memberikan petunjuk kepada bawahan untuk mengoptimalkan tugas ;
  5. Menyelenggarakan kegiatan dibidang penegakan perundang-undangan daerah, ketertiban umum, ketentraman masyarakat, sumber daya aparatur dan perlindungan masyarakat dengan mengacu pada Visi dan Misi Satpol PP type A agar terlaksana sesuai ketentuan yang berlaku;
  6. Melaksanakan pengendalian tugas UPTD ( Unit Pelaksana Teknis  Dinas ) dilingkungan SatPol PP  Kota Serang. Dengan memberikan pembinaan dan pengawasan agar tercipta pelayanan yang optimal;
  7. Mengevaluasi kegiatan dibidang penegakan perundang-undangan daerah, ketertiban umum, ketentraman masyarakat, sumber daya aparatur dan perlindungan masyarakat  dengan memiliki hasil yang telah dicapai, sehingga dapat terukur pencapaian kinerja;
  8. Melaporkan kegiatan dibidang penegakan perundang-undangan daerah, ketertiban umum, ketentraman masyarakat, sumber daya aparatur dan perlindungan masyarakat  dengan menyusun laporan untuk diketahui pimpinan mengenai tingkat keberhasilan yang telah dilaksanakan;
  9. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

TUGAS  POKOK, FUNGSI  DAN  URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

 

NO

 

NAMA JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1 KaSubag Keuangan 
  1. 1.       Bertanggungjawab kepada Sekretaris Satuan  Polisi Pamong Praja ;
  2. 2.       Melaksanakan sebagian tugas dan fungsi Sekretaris dibidang administrasi keuangan, penyusunan rencana  kerja dan anggaran tahunan Sub.bagian dan anggaran tahuna Satuan Polisi Pamong Praja beserta perubahan dan perhitungannya, pengawasan dan pembinaan terhadap para pegawai yang membatunya.

 

 

 

  1. a.      Penyusunan usulan rencana kerja dan anggaran tahunan Su. Bagian Keuangan;
  2. b.      Penyusunan usulan program dan rencana kerja tahuna Satuan Polisi Pamong Praja beserta perubahan dan perhitungannya;
  3. c.       Pelaksanaan kegiatan dibidang administrasi keuangan Satuan Polisi Pamong Praja;
  4. d.      Pengawasan dan pembinaan terhadap para pegawai yang membantunya;
  5. e.       Pelaporan.

 

  1. 1.       Merencakan kegiatan Sub.Bagian Keuangan dinas dari hasil perumusan program dengan menyusun kegiatan agar terencana dengan baik;
  2. 2.       Membagi tugas kepada bawahan melalui pendistribusian untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. 3.       Memberi petunjuk kepada bawahan mengenai pelaksanaan tugas masing-masing dengan arahan agar terlaksana dengan baik dan benar;
  4. 4.       Membimbing bawahan dalam menyelesaikan tugas dengan memberikan arahan sehingga terlaksana dengan baik;
  5. 5.       Memeriksa dan mengecek pekerjaan bawahan meliputi penyusunan anggaran belanja langsung dan tidak langsung Badan, pengelolaan administrasi gaji pegawai badan, penyusunan surat pertanggungjawaban  (SPJ) Badan, penyusunan alur kas keuangan Badan, pelaksanaan administrasi keuangan Badan dengan teliti agar tugas dilaksanankan dengan benar;
  6. 6.       Mengoreksi hasil kerja bawahan meliputi penyusunan anggaran belanja langsung dan tidak langsung badan, Pengelolaan administrasi gaji pegawai badan, Penyusunan surat pertanggungjawaban, penyusunan alur kas keuangan badan, pelaksanaan administrasi keuangan dinas dengan teliti agar tugas dilaksanakan dengan benar;
  7. 7.       Mengontrol setiap pekerjaan meliputi penyusunan anggaran belanja langsung dan tidak langsung badan, pengelolaan administrasi gaji pegawai badan, penyusunan surat pertanggungjawaban (SPJ) badan, penyusunan alur kas keuangan badan, pelaksanaan administrasi keuangan badan dengan teliti agar tugas dilaksanakan dengan benar;
  8. 8.       Melaporkan kegiatan Sub bagian Keuangan kepada Sekretaris dengan menyusun laporan untuk diketahui tingkat kinerja yang telah dilaksanakan;
  9. 9.       Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

 

TUGAS  POKOK, FUNGSI  DAN  URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

 

NO

 

NAMA JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1 Sekretaris
  1. Bertanggungjawab kepada kepala  Satuan Polisi Pamong Praja;
  2. Melaksanakan penyusunan perencanaan dan program, pengelolaan keuangan, urusan umum dan kepegawaian.

 

 

 

  1. Penyelenggaraan penyusunan usulan rencana kerja dan anggaran tahunan Sekretariat;
  2. Penyelenggaran penyusunan usulan program, rencana kerja dan anggaran tahunan Satuan Polisi Pamong Praja;
  3. Penyelenggaraan administrasi umum, administrasi kepegawaian dan administrasi keuangan;
  4. Pengawasan dan pembinaan terhadap para kepala Sub.Bagian yang dibawahnya;
  5. Pelaporan.

 

  1. Mengkoordinasikan operasional kegiatan Sekretariat dari hasil perumusan program dengan melakukan koordinasi agar terlaksana dengan baik;
  2. Membagi tugas kepada bawahan melalui pendistribusian untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan dengan arahan agar terlaksana dengan baik dan benar;
  4. Mengawasi pelaksanaan tugas bawahan dengan pengawasan melekat agar terlaksana sesuai dengan aturan;
  5. Mengatur kegiatan kesekretariatan meliputi program, evaluasi dan pelaporan, umum dan kepegawaian serta keuangan dengan mengendalikan kegiatan agar terarah sesuai dengan ketentuan;
  6. Mengendalikan program disetiap Sub.Bagian dengan mengkoordinir tugas agar tercipta keserasian;
  7. Mengkoordinir program disetiap bidang dengan mengsinkronkan program kegiatan bidang agar tercipta keselarasan kegiatan;
  8. Mengevaluasi kegiatan Sekretariat melalui hasil yang telah dicapai sehingga dapat  mengukur pencapaian kinerja;
  9. Melaporkan kegiatan Sekretariat dengan menyusun laporan untuk diketahui Kepala Badan SatPol PP mengenai tingkat  kinerja yang telah dilaksanakan;
  10. Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS  POKOK, FUNGSI  DAN  URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

 

NO

 

NAMA JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1 KaSubag.Program
  1. Bertanggungjawab kepada Sekretaris  Satuan Polisi Pamong Praja ;
  2. Melaksanakan sebagian tugas dan fungsi Sekretariat dibidang Program, penyusunan rencana kerja dan anggaran tahunan Satuan Polisi Pamong Praja, pelaksanaan kegiatan dibidang perencanaan, membuat laporan akhir tahun, TAPKIN, LAKIP dan laporan lainnya.

 

 

 

  1. Penyusunan usulan kerja dan anggaran tahun Sub.Bagian Program;
  2. Penyusunan usulan program dan rencana kerja  tahunan Satuan Polisi Pamong Praja;
  3. Pelaksanaan kegiatan dibidang administrasi perencanaan;
  4. Pengawasan dan pembinaan terhadap para pegawai yang membantunya;
  5. Pelaporan.
  6. Merencanakan kegiatan Sub.program evaluasi dan pelaporan dinas dari hasil perumusan program dengan menyusun kegiatan agar terencana dengan baik;
  7. Membagi tugas kepada bawahan melalui pendistribusian untuk kelancaran tuags;
  8. Memberi petunjuk kepada bawahan mengenai pelaksanaan tugas masing-masing dengan arahan agar terlaksana dengan baik dan benar;
  9. Membimbing bawahan dalam menyelesaikan tugas dengan memberikan arahan sehingga terlaksana dengan baik;
  10. Memeriksa dan mengecek pekerjaan bawahan meliputi pelaksanaaan penyusunan visi dan misi badan, menghimpun rencana kerja Sekretariat dan Bidang, pengelolaan bahan referensi kegiatan dinas, rencana strategis dinas, serta penyusunan laporan akuntabilitas dan kinerja dinas dengan teliti agar tugas dilaksanakan dengan benar;
  11. Mengoreksi  hasil kerja bawahan meliputi penyiapan bahan penyusunan visi dan misi badan, penghimpun rencana kerja Sekretariat dan Bidang, pengelolaan bahan referensi kegiatan badan, rencana strategis badan, pengumpulan dan pengolahan data laporan hasil kegiatan dinas, serta penyusunan laporan akuntabilitas dan kinerja dinas dengan memperbaiki hasil kerja agar sesuai petunjuk dan aturan;
  12. Mengontrol setiap pekerjaan meliputi penyiapan bahan penyusunan visi dan misi badan, penghimpun rencana kerja Sekretariat dan Badan, pengelolaan bahan referensi kegiatan dinas, rencana strategis badan, pengumpulan dan pengolahan data laporan hasil kegiatan badan, serta penyusunan laporan akuntabilitas dan kinerja dinas yang dilaksanakan dengan mengawasi agar efektif dan efisien;
  13. Melaporkan kegiatan Sub Bagian Program, evaluasi dan pelaporan kepada Sekretaris dengan menyusun laporan untuk diketahui tingkat kinerja yang telah dilaksanakan;
  14. Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

TUGAS  POKOK, FUNGSI  DAN  URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

NO

NAMA JABATAN

TUGAS POKOK

FUNGSI

URAIAN TUGAS

1 Kasubag. Umum dan Kepegawaian 
  1. Bertanggungjawab kepada Sekretaris  Satuan Polisi Pamong Praja ;
  2. Melaksanakan sebagian tugas  dan fungsi Sekretaris dibidang administrasi umum dan kepegawaian, penyusunan rencana kerja dan anggran tahunan Sub.Bagian umum dan Kepegawaian, pelaksanan urusan-urusan ketatausahaan, kersipan , kepegawaian, kerumahtanggaan serta perlengkapan perkantoran Satuan Polisi Pamong Praja, Pengawasan dan pembinaan terhadap pegawai dilingkungan Satuan Polisi Pamong Praja.

 

  1. Penyusunan usulan rencana kerja dan anggaran tahunan Sub.Bagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Pelaksanaan urusan –urusan ketatatusahaan, kearsipan, kepegawaian,  kerumahtanggaan, serta perlengkapan perkantoran Satuan Polisi Pamong Praja;
  3. Pelaksanaan pelayanan administrasi umum kepada seluruh unsure organisasi Satuan Polisi Pamong Praja;
  4. Pengawasan dan pembinaan terhadap para pegawai yang membantunya;
  5. Pelaporan.
  6. Merencanakan kegiatan Sub.Umum dan Kepegawaian badan dan mengacu program badan dengan menyusun kegiatan agar terencana dengan baik;
  7. Membagi tugas kepada bawahan melalui pendistribusian untuk kelancaran pelaksanaan yugas;
  8. Memberi petunjuk kepada bawahan mengenai pelaksanaan tugas masing-masing dengan arahan agar terlaksana dengan baik dan benar;
  9. Membimbing bawahan dalam menyelesaikan tugas dengan memberikan arahan sehingga terlaksana dengan baik;
  10. Memeriksa dan mengecek pekerjaan bawahan meliputi pengelolaan administrasi umum dan tatausaha badan, pengelolaan administrasi kepegawaian, Pengelolaan kerumahtanggaaan badan, penyusunan rencana kebutuhan peralatan dan perlengkapan badan, pengadaan perlengkapan dan peralatan badan,, pendistribusian barang keperluan badan,serta pemeliharaan dan pemanfaatan bang inventaris badan dengan teliti agar tugas dilaksanakan dengan benar;
  11. Mengoreksi hasil kerja bawahan meliputi administrasi umum dan tatausaha badan, pengelolaan administrasi  kepegawaian, pengelolaan kerumahtanggaan badan, penyusunan rencana kebutuhan peralatan dan perlengkapan  badan, serta pemeliharaan dan pemanfaatan barang inventaris badan dengan teliti agar sesuai petunjuk dan aturan;
  12. Mengontrol setiap pekerjaan meliputi dengan mengawasi pengelolaan administrasi umum dan tatausaha badan, pengelolaan administrasi kepegawaian, pengelolaan kerumahtanggaan badan, penyusunan kebutuhan peralatan dan perlengkapan badan, pendistribusian barang keperluan badan, serta pemeliharaan dan pemanfaatan barang inventaris badan dengan teliti agar efektif dan efisien;
  13. Melaporkan kegiatan Sub.Bagian Umum dan Kepegawaian kepada Sekretaris dengan menyusun laporan untuk diketahui tingkat kinerja yang telah dilaksanakan;
  14. Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

TUGAS  POKOK, FUNGSI  DAN  URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

 

NO

 

NAMA JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1 Kepala Seksi Kerjasama
  1. Bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.
  2. Merencanakan, menyusun, melaksanakan kerjasama dengan instansi terkait dalam penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, membimbing, memberi petunjuk kepada bawahan dan membuat laporan kegiatan seksi.

 

  1. Penyusunan konsep kerjasama dalam rangka penyelenggaraan penertiban umum dan ketentraman masyarakat;
  2. Penyusunan Program dan teknis kegiatan kerjasama dalam rangka penyelenggaraan penertiban umum dan ketentraman masyarakat;
  3. Pelaksanaan kebijakan tentang kerjasama penertiban dalam rangka menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat;
  4. Pengkoordinasian teknis kerjasama dengan instansi terkait;
  5. Pengawasan dan evaluasi hasil kerjasama dengan instansi terkait;
  6. Pelaporan.

 

  1. Menyiapkan bahan rumusan kerjasama, komunikasi serta koordinasi  dengan instansi terkait sesuai dengan Tupoksi sehingga penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dapat tercapai dengan baik;
  2. Merencanakan program kegiatan kerjasama dengan  instansi terkait / SKPD / lembaga lainnya dalam rangka penyelenggaraan penertiban umum dan ketentraman masyarakat;
  3. Mengarahkan kegiatan seksi kerjasama dengan memberi petunjuk  serta arahan kepada bawahan untuk mengoptimalkan tugas;
  4. Melaksanakan kerjasama dan koordinasi sesuai Tupoksi pengkajian serta penelitian dengan instansi terkait / SKPD atau lembaga lainnya;
  5. Mengevaluasi kegiatan  dengan menilai dan mengkaji hasil yang dicapai menjadi tolak ukur pencapaian kinerja;
  6. Melaporkan hasil seluruh kegiatan seksi kerjasama  dengan menyusun hasil seliruh kegiatan yang telah dilaksanakan;
  7. Melaksanakan tugas lainnya sesuai dengan petunjuk serta arahan pimpinan/atasan.

 

 

 

 

 

 

TUGAS  POKOK, FUNGSI  DAN  URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

NO

 

NAMA JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1 Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SatPol  PP Kecamatan  Memimpin, merumuskan dan mengkoordinasikan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD)  SatPol PP Kecamatan melakukan pembinaan dan pengarahan kegiatan UPT/ Badan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Serang. Menyelenggarakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan UPT Badan SatPol PP Kota Serang agar terlaksana dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  1. Menyusun rencana kerja, mengkoordinasikan, melaksanakan pengendalian dan mengevaluasi perumusan kebijakan urusan organisasi UPTD SatPol PP Kecamatan;
  2. Meyelenggarakan koordinasi, integrasi dan singkronisasi salam melaksanakan tugas organisasi UPT Badan SatPol PP Kota Serang;
  3. Mengarahkan kegiatan UPTD SatPol PP Kecamatan;
  4. Membina, memberi arahan untuk meningkatkan motivasi kerja UPTD SatPol PP Kecamatan;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan bawahannya;
  6. Melaporkan kegiatan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS  POKOK, FUNGSI  DAN  URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

NO

NAMA JABATAN

TUGAS POKOK

FUNGSI

URAIAN TUGAS

1 Kelompok Jabatan Fungsional
  1. Melaksanakan sebagai tugas Pemerintah Daerah sesuai dengan keahlian dan kebutuhan;
  2. Mempunyai tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Bertanggungjawab pada pimpinan Badan SatPol PP Kota Serang;
  4. Membantu kelancaran tugas dan kegiatan pembinaan Badan SatPol PP Kota Serang;
  5. Melaporkan hasil penyelenggaraan tugas dan kegiatan pada pimpinan Badan SatpPol PP kota Serang.
 

 

 

 

 

  1. Kepala pegawai yang diberikan hak dan wewenang sesuai kendaliannya dalam rangka menanggung tugas dan fungsi SatPol PP Type A Kota Serang;
  2. Melaksanakan tugas khusus sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  3. Kelompok jabatan fungsional terdiri dari tenaga fungsional Pol PP dan jabatan fungsional lainnya sesuai dengan bidang keahliannya;
  4. Jumlah tenaga fungsional dibentuk berdasarkan kebutuhan dan beban kerja yang dipimpin oleh seorang tenaga fungsional yang senior yang ditunjuk;
  5. Jenis dan perjenjangan  dan jabatan fungsional diatur dengan peraturan dan perundang-undangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

 

NO

 

NAMA  JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1 Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat 1)      Bidang Ketertiban dan Ketentraman Masyarakat di pimpin oleh Seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan pertanggung jawaban kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja,2)      Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat mempunyai tugas pokok Memimpin,  merencanakan, membimbing, mengawasi dan memberikan petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahan (Kepala Seksi atau Pelaksana atau Anggota Sat Pol PP), serta mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Dalam pelaksanaan tugas, Bidang Ketertiban dan Ketentraman Umum  mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan dan perumusan program Ketertibasn Umum dan Ketentraman Masyarakat;
  2. Pelaksanaan kebijakan pemeliharaan dan penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pelaksanaan Kebijakan pada Kecamatan
  2. Pelaksanaan koordinasi dan konsultasi  penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat terhadap Dinas, SKPD, Instansi, Lembaga Masyarakat terkait,
  3. Pelaksanaan Sosialisasi , Pengawasan dan Pembinaan terhadap  Masyarakat agar mematuhi dan mentaati aturan yang berlaku ;
  4. Memberikan Peringatan  terhadap Masyarakat dan Pelaku Usaha yang melanggar aturan yang berlaku;
  5. Pemberian Rekomendasi atau Surat Keterangan Lain yang keterkaitan atau berhubungan dengan Ketertiban Umum dan Ketntraman Masyarakat,
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesui dengan bidang serta tugasnya,

 

 

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

 

NO

 

NAMA JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

 

URAIAN TUGAS

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 1)       Seksi Operasi & Pengendalian dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang di bawah dan bertanggung jawab kepada Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat,

2)      Seksi Operasi dan Pengendalian Masyarakat mempunyai tuga pokok merencanakan,  memimpin, melaksanakan, pengendalian opersi ketertiban umum dan ketentraman masyarakat,

3)      Seksi Operasi dan Pengedalian mempunyai tugas pokok membimbing, memberi petujuk teknis kepada bawahan serta memeriksa, mengoreksi hasil kerja bawahan membuat laporan hasil kegiatan seksi.Dalam melaksanakan tugas sebagaimna dimaksud, Seksi Operasi dan Pengendalian mempunyai fungsi :

a)      Menyusun program dan teknis kegiatan penertiban umum dan Ketentraman Masyarakat

b)      Pelaksanaan kebijakan tentang operasi pengendalian penertiban dalam rangka ketertiban dan ketentraman masyarakat.

 

 

 

 

  1. 1.       Pengkoordinasian dan Pengendalian operasi dan penertiban di lapangan,
  2. 2.       Sosialisai dan Pengawasan terhadap masyarakat agar mematuhi dan mentaati Peraturan yang berlaku;
  3. 3.       Pelaksanaan Penertiban  atas pelanggaran Peraturan yang berlaku;
  4. 4.       Pelaksanaan Evaluasi membuat laporan hasil kegiatan (Pelaksanaan tugas) secara berkala,
  5. 5.       Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

 

 

 

 

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

 

NO

 

NAMA JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1.

Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Merencanakan , memimpin, melaksanakan, mengendalikan dan menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran paraturan daerah, membimbing, memberi petunjuk dan tugas kepada bawahan, memeriksa, mengoreksi hasil kerja bawahan dan membuat laporan kegiatan seksi penyelidikan dan penyidikan. 1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

3.

 

 

 

4.

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyusunan Program dan teknis kegiatan penyelidikan dan penyidikan dalam penegakan peraturan daerah, peraturan Walikota dan keptusan Walikota;

Pelaksanaan kebijakan tentang penyelidikan dan penyidikan penegakan peraturan daerah, peraturan Walikota dan Keputusan Walikota;

Pengkoordinasian dan pengendalian dalam penegakan peraturan daerah, peraturan walikota dan keputusan Walikota;

Pengawasan terhadap masyarakat agar mematuhi dan mentaati peraturan Walikota dan Keputusan Walikota;

Pelaporan.

  1. Merencanakan kegiatan Seksi Penyelidikan dan penyidikan dari hasil perumusan program, dengan menyusun kegiatan agar terencana dengan baik.
  2. Membagi tugas kepada bawahan memlalui pendistribusian untuk kelancaran tugas.
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan mengenai pelaksanaan tugas masing-masing dengan memberikan arahan agar terlaksana secara baik dan benar.
  4. Membimbing bawahan dalam menyelesaikan tugas dengan memberikan arahan untuk meningkatkan motivasi kerja.
  5. Memeriksa dan mengecek pekerjaan bawahan dengan mengontrol pekerjaan yang diberikan meliputi pelaksanaan kebijakan teknis Seksi Penyelidikan dan penyidikan, pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data pada Seksi Penyelidikan dan penyidikan, pelaksanaan bahan pelayanan penyelenggaraan Penyelidikan dan penyidikan Peraturan Daerah, Peraturan Walikota dan Keputusan Walikota dengan teliti sehingga tugas dapat dilaksanakan secara benar.
  6. Mengoreksi tugas yang diberikan kepada bawahan meliputi pelaksanaan kebijakan teknis Seksi Penyelidikan dan penyidikan, pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data pada Seksi Penyelidikan dan penyidikan, pelaksanaan bahan pelayanan penyelenggaraan Penyelidikan dan penyidikan produk hukum daerah, pelaksanaan penegakan terhadap pelanggar Peraturan Daerah, Peraturan Walikota serta pelaksanaan diawasi agar sesuai dengan petunjuk dan aturan.
  7. Mengontrol setiap pekerjaan meliputi pelaksanaan kebijakan teknis Seksi Penyelidikan dan penyidikan, pelksanaan, pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data pada Seksi Penyelidikan dan penyidikan, pelaksanaan bahan pelayananPenyelidikan dan penyidikan dan penyuluhan Praturan daerah, Peraturan Walikota dan Keputusan Walikota, pelaksanaan Penyelidikan dan penyidikan  terhadap pelanggar Peraturan daerah, Peraturan Walikota dan Keputusan Walikota  serta pelaksanaan dengan mengawasi agar efektif dan efisien.
  8. Melaporkan kegiatan Seksi Penyelidikan dan penyidikan kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dengan menyusun laporan untuk diketahui tingkat kinerja yang telah dilaksanakan.
  9.  Dengan Peraturan daerah dapat juga ditunjuk pejabat lain yang diberi tugas untuk melakukan Penyelidikan dan penyidikan terhadap pelanggaran atas ketentuan Peraturan daerah.
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

 

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA TYPE A

 

NO

 

NAMA JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1.

Kabid Penegakan Perundang-undangan Daerah Memimpin, merencanakan, membimbing, mengawasi dan memberikan petunjuk bagi pelaksanan tugas bawahan, serta mengendalikan kegiatan penyelenggaraan penegakan peraturan daerah, peraturan Walikota dan keputusan Walikota. 1.

 

 

 

2.

 

 

3.

 

 

4.Penyusunan program dan pelaksanaan kegiatan penegakan peraturan daerah, peraturan Walikota dan Keputusan Walikota;

Pelaksanaan kebijakan pemeliharaan danpenyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di daerah;

Pelaksanaan kebijakan penegakan peraturan daerah, peraturan Walikota dan Keputusan Walikota;

Pelaksanaan koordinasi pemeliharaan dan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta penegakan peraturan daerah, peraturan Walikota dan keputusan Walikota dengan aparat kepolisian, Penyidik Pegawai Negeri Sipil  ( PPNS), bagian hukum Setda Kota Serang, Tentara Nasional Indonesia, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan Instansi terkait lainnya.

  1. Merencanakan kegiatan Bidang penegakan perundang-undangan daerah dari hasil perumusan program, dengan menyusun kegiatan agar terencana dengan baik.
  2. Membagi tugas kepada bawahan memlalui pendistribusian untuk kelancaran tugas.
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan mengenai pelaksanaan tugas masing-masing dengan memberikan arahan agar terlaksana secara baik dan benar.
  4. Membimbing bawahan dalam menyelesaikan tugas dengan memberikan arahan untuk meningkatkan motivasi kerja.
  5. Memeriksa dan mengecek pekerjaan bawahan dengan mengontrol pekerjaan yang diberikan meliputi pelaksanaan kebijakan teknis Bidang penegakan perundang-undangan daerah, pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data pada Bidang penegakan perundang-undangan daerah, pelaksanaan bahan pelayanan penyelenggaraan penegakan perundang-undangan daerah, Peraturan Daerah, Peraturan Walikota dan Keputusan Walikota dengan teliti sehingga tugas dapat dilaksanakan secara benar.
  6. Mengoreksi tugas yang diberikan kepada bawahan meliputi pelaksanaan kebijakan teknis Bidang penegakan perundang-undangan daerah, pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data pada Bidang penegakan perundang-undangan daerah, pelaksanaan bahan pelayanan penyelenggaraan penegakan perundang-undangan daerah produk hukum daerah, pelaksanaan penegakan terhadap pelanggar Peraturan Daerah, Peraturan Walikota serta pelaksanaan diawasi agar sesuai dengan petunjuk dan aturan.
  7. Mengontrol setiap pekerjaan meliputi pelaksanaan kebijakan teknis Bidang penegakan perundang-undangan daerah, pelaksanaan, pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data pada Bidang penegakan perundang-undangan daerah, pelaksanaan bahan pelayanan – penegakan perundang-undangan daerah dan Peraturan daerah, Peraturan Walikota dan Keputusan Walikota, pelaksanaan penegakan perundang-undangan daerah terhadap pelanggar Peraturan daerah, Peraturan Walikota dan Keputusan Walikota  serta pelaksanaan dengan mengawasi agar efektif dan efisien.
  8. Melaporkan kegiatan Bidang penegakan perundang-undangan daerah kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dengan menyusun laporan untuk diketahui tingkat kinerja yang telah dilaksanakan.
  9. Dengan Peraturan daerah dapat juga ditunjuk pejabat lain yang diberi tugas untuk melakukan penegakan perundang-undangan daerah terhadap pelanggaran atas ketentuan Peraturan daerah.
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

TUGAS POKOK, FUNGSI  DAN URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

 

NO

 

NAMA JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1.

Kepala Seksi Pembinaan, Pengawasan dan penyuluhan Memimpin, merencanakan, mengatur dan mengendalikan kegiatan lingkup pengembangan kapasitas dan penerapan aturan dan prosedur pelaksanaan tugas serta pembinaan,  pengawasan dan penyuluhan kepada masyarakat dibidang ketentraman dan ketertiban umum serta penegakan peraturan daerah, peraturan Walikota dan keputusan Walikota. 1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

Penyusunan program dan teknis kegiatan pembinaan, pengawasan dan penyuluhan  dalam rangka penegakan peraturan daerah, peraturan Walikota dan keputusan Walikota;

Pelaksanaan kebijakan tentang pembinaan, pengawasan dan penyuluhan dalam rangka penegakan peraturan daerah, peraturan Walikota dan keputusan Walikota;

Pengkoordinasian, pelaksanaan, pembinaan, pengawasan dan penyuluhan dalam rangka penegakan peraturan daerah, peraturan Walikota dan keputusan Walikota;

Pengawasan terhadap masyarakat agar mematuhi dan mentaati  peraturan daerah, peraturan Walikota dan keputusan Walikota;

Pelaporan

 

 

 

  1. Merencanakan kegiatan Seksi Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan dari hasil perumusan program, dengan menyusun kegiatan agar terencana dengan baik.
  2. Membagi tugas kepada bawahan memlalui pendistribusian untuk kelancaran tugas.
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan mengenai pelaksanaan tugas masing-masing dengan memberikan arahan agar terlaksana secara baik dan benar.
  4. Membimbing bawahan dalam menyelesaikan tugas dengan memberikan arahan untuk meningkatkan motivasi kerja.
  5. Memeriksa dan mengecek pekerjaan bawahan dengan mengontrol pekerjaan yang diberikan meliputi pelaksanaan kebijakan teknis Seksi Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan, pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data pada Seksi Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan, pelaksanaan bahan pelayanan penyelenggaraan Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan Peraturan Daerah, Peraturan Walikota dan Keputusan Walikota dengan teliti sehingga tugas dapat dilaksanakan secara benar.
  6. Mengoreksi tugas yang diberikan kepada bawahan meliputi pelaksanaan kebijakan teknis Seksi Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan, pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data pada Seksi Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan, pelaksanaan bahan pelayanan penyelenggaraan Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan produk hukum daerah, pelaksanaan penegakan terhadap pelanggar Peraturan Daerah, Peraturan Walikota serta pelaksanaan diawasi agar sesuai dengan petunjuk dan aturan.
  7. Mengontrol setiap pekerjaan meliputi pelaksanaan kebijakan teknis Seksi Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan, pelaksanaan, pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data pada Seksi Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan, pelaksanaan bahan pelayanan Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan Praturan daerah, Peraturan Walikota dan Keputusan Walikota, pelaksanaan Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan  terhadap pelanggar Peraturan daerah, Peraturan Walikota dan Keputusan Walikota  serta pelaksanaan dengan mengawasi agar efektif dan efisien.
  8. Melaporkan kegiatan Seksi Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dengan menyusun laporan untuk diketahui tingkat kinerja yang telah dilaksanakan.

 

  1.  Dengan Peraturan daerah dapat juga ditunjuk pejabat lain yang diberi tugas untuk melakukan Pembinaan, pengawasan dan penyuluhan terhadap pelanggaran atas ketentuan Peraturan daerah.
  2. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA  KOTA SERANG

 

NO

 

NAMA JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1 KEPALA BIDANG

SUMBER DAYA APARATUR1. Memimpin, merencanakan, mem-bimbing, mengawasi dan memberikan petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahan, serta mengembangkan kemampuan Sumber Daya Aparatur dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dan penegakan peraturan daerah, peraturan walikota dan keputusan walikota;

2. Bertanggung jawab kepada Kepala   Satuan Polisi Pamong Praja  Kota Serang.1.  Melakukan penyusunan program pembinaan Sumber Daya Aparatur dalam pelaksanaan kegiatan ketentraman dan  ketertiban umum, penegakan peraturan daerah dan peraturan/keputusan walikota;

 

2.  Melaksanakan kebijakan dalam membina dan peningkatan kemampuan Sumber Daya Aparatur Satuan Polisi Pamong Praja  dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;

 

3.  Melaksanakan koordinasi dengan pihak terkait dalam peningkatan kemampuan aparatur Satuan Polisi Pamong Praja  dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta penegakan peraturan daerah, peraturan walikota dan keputusan walikota;

 

4. Melaksanakan pengawasan terhadap anggota Satuan Polisi Pamong Praja  agar selalu taat dan mentaati prosedur tetap dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di daerah;

 

5.  Melaksanakan tugas lain atas perintah atau laporan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Serang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 1.  Merencanakan operasional kegiatan Sumber Daya Aparatur dari hasil perumusan program dengan melakukan koordinasi agar terlaksana dengan baik;

2.  Membagi tugas kepada bawahan melalui pendistribusian untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

3.  Memberi petunjuk kepada bawahan dengan arahan agar terlaksanan dengan baik dan benar;

4.  Mengawasi pelaksanaan tugas bawahan dengan pengawasan melekat agar terlaksana sesuai dengan aturan;

5.  Mengatur kegiatan Bidang Sumber Daya Aparatur meliputi seksi pelatihan dasar dan seksi teknis fungsional dengan mengendalikan kegiatan agar terarah sesuai dengan ketentuan;

6.  Mengendalikan di setiap seksi Bidang Sumber Daya Aparatur dengan mengkoordinasikan tugas agar tercipta keserasian;

7.  Menyelenggarakan koordinasi dengan instansi terkait di bidang Sumber Daya Aparatur;

8.  Mengevaluasi kegiatan Bidang Sumber Daya Aparatur melalui hasil yang telah dicapai sehingga dapat mengukur pencapaian kinerja;

9.  Melaporkan kegiatan Bidang Sumber Daya Aparatur dengan menyusun laporan untuk diketahui Kepala Satuan mengenai tingkat kinerja yang telah dilaksanakan;

10.Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

SEKSI PELATIHAN DASAR BIDANG SUMBER DAYA APARATUR

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

 

N0

 

NAMA JABATAN

 

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1 KEPALA SEKSI PELATIHAN DASAR 1. Merencanakan, membimbing, me-laksanakan, mengendalikan, mengevaluasi, memberi arahan dan petunjuk kepada bawahan; memeriksa, mengoreksi hasil kerja bawahan dan membuat laporan kegiatan seksi pelatihan dasar.

2. Bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Sumber Daya Aparatur1.  Melakukan penyusunan program dan teknis kegiatan pelatihan dasar aparatur Satuan Polisi Pamong Praja  dalam penegakan peraturan daerah, peraturan walikota dan keputusan walikota;

2.  Melaksanakan kebijakan tentang pelatihan dasar Satuan Polisi Pamong Praja  dalam penegakan peraturan daerah, peraturan walikota dan keputusan walikota;

3.  Melaksanakan koordinasi dan pembinaan kerja sama dengan pihak terkait dalam pelaksanaan pelatihan dasar anggota Satuan Polisi Pamong Praja;

4. Melaksanakan pengawasan dan evaluasi terhadap anggota Satuan Polisi Pamong Praja  tentang kemampuan Satuan Polisi Pamong Praja ;

5.  Pelaporan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.  Merencanakan kegiatan Seksi Pelatihan Dasar dari hasil perumusan program dengan menyusun kegiatan agar terencana dengan baik;

2.  Membagi tugas kepada bawahan melalui pendistribusian untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

3.  Memberi petunjuk kepada bawahan mengenai pelaksanaan tugas masing-masing agar terlaksana dengan baik dan benar;

4.  Membimbing bawahan dalam menyelesaikan tugas sehingga terlaksana dengan baik;

5.  Memeriksa dan mengecek pekerjaan bawahan meliputi pelaksanaan kebijakan teknis seksi pelatihan dasar, pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data pada Seksi Pelatihan Dasar, serta penyiapan bahan pelayanan penyelenggaraan kegiatan pelatihan dasar dan pengawasan kegiatan pelatihan dasar, dengan teliti sehingga tugas dapat dilaksanakan secara benar;

6.  Mengoreksi tugas yang diberikan kepada bawahan meliputi pelaksanaan kebijakan teknis seksi pelatihan dasar, pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data pada Seksi Pelatihan Dasar, serta penyiapan bahan pelayanan penyelenggaraan kegiatan pelatihan dasar dan pengawasan kegiatan pelatihan dasar, dengan memperbaiki hasil kerja agar sesuai dengan petunjuk dan aturan;

7.  Mengontrol setiap pekerjaan meliputi pelaksanaan kebijakan teknis seksi pelatihan dasar, pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan data pada Seksi Pelatihan Dasar, serta penyiapan bahan pelayanan penyelenggaraan kegiatan pelatihan dasar dan pengawasan kegiatan pelatihan dasar, dengan mengawasi agar efektif dan efisien;

8.  Melaporkan kegiatan Seksi Pelatihan Dasar dengan menyusun laporan untuk diketahui Kepala Satuan dengan menyusun laporan untuk diketahui tingkat kinerja yang telah dilaksanakan;

9.  Melaksanakan tugas lain yang

diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA  KOTA SERANG

 

No

 

NAMA JABATAN

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

 

1 KEPALA BIDANG PERLINDUNGAN MASYARAKAT Memimpin, merencanakan, membimbing, mengawasai, dan member petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahannya, serta mengembangkan kemampuan sumber daya aparatur dalam penyelenggaraan perlindungan masyarakat;

Bertanggungjawab kepada Kepala SatPol PP Type A  kota Serang.

  1. Penyusunan program pembinaan perlindungan masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan ketentraman, ketertiban dan kenyamanan masyarakat;
  2. Pelaksanaan kebijkan dalam peningkatan kemampuan sumber daya aparataur Linmas dalam penyelenggaraan perlindungan masyarakat;
  3. Pelaksanaan koordinasi dengan pihak terkait dalam kegiatan pembinaan perlindungan masyarakat;
  4. Pengawasan terhadap anggota / Satuan Linmas agar selalu taat dan mematuhi prosedur tetap ( Pro-tap) dalam Penyelenggaraan masyarakat.

 

 

  1. Menyiapakan bahan rumusan kebijakan , fasilitasi serta menghimpun data dan informasi yang terkait lingkup Seksi Satlinmas dan seksi bina potensi masyarakat;
  2. Menyusun rumusan dengan teknis dalam perlindungan terhadap masyarakat;
  3. Menyusun rumusan kegiatan, pengkajian, analisa , data dan informasi, mengawasi cuaca rawan bencana dan Satlinmas;
  4. Menyusun rumusana kejadian/ mengkoordinasikan kepada instansi/SKPD terkait dengan bidangnya;
  5. Menyusun rumusan kegiatan, pengkajian, analisa data dan informasi tentang Satlinmas dan bina potensi masyarakat;
  6. Menyusun rumusan Monev dan pelaporan pelaksanaan dalam  Linmas.

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA  KOTA SERANG

 

No

 

NAMA JABATAN

 

TUGAS POKOK

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

 

1 KEPALA SEKSI BINA POTENSI MASYARAKAT Merencanakan, merumuskan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi, membimbing, memberi arahan dan petunjuk kepasda bawahan, mengoreksi hasil kerja bawahan dan membuat laporan kegiatan seksi potensi bina masyarakat.
  1. Menyusun program dan teknis kegiatan bidang potensi masyarakat dalam penyelenggaraan perlindungan masyarakat;
  2. Pelaksanaan kebijakan tentang potensi masyarakat dalam penyelenggaraan perlindungan masyarakat;
  3. Pengkoordinasian / kerjasama dan pembinaan dengan pihak terkait (SKPD/Instansi/ Lembaga/Institusi) dan dalam pelaksanaan pembinaan yang berhubungan dengan potensi masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan dengan masyarakat;
  4. Pengawasan dan evaluasi terhadap anggota masyarakat yang mempunyai potensi dalam perlindunagan masyarakat;
  5. Pelaporan.
  6. Menyiapakan bahan rumusan  kebijakan, fasilitas, mediasi dan komunikasi serta menghimpun dan mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan TUPOKSI ( Tugas Pokok dan Fungsi) seksi Bina Potensi Masyarakat ( Kegiatan pengkajian dan penelitian kebnaran dan berfungsi dalam upaya perlindungan bagi masyarakat);
  7. Merencanakan program kegiatan sesuai denagn TUPOKSInya;
  8. Membuat Prosedur tetap (Pro-tap) terkait dengan Satlak PB;
  9. Melaksanakan kerjasama dan koordinasi sesuai dengan TUPOKSI (Tugas Pokok dan Fungsi ), pengkajian dan penelitian dengan instansi terkait/SKPD terkait/ lembaga/Institusi;
  10. Mencari, menerangkan dan mengembangkan sifat/bentuk/model, metode kajian penelitian kebencanaan dan penanganan pengungsi;
  11. Melaksanakan kajian, mendeteksi, serta kemungkinan ancaman bahaya, serta upaya penyelesaian bencana dan masalah penanganan pengungsi;
  12. Melaksanakan fasilitas sosialisasi tentang kebencanaan dan masalah-masalah pengungsi dalam upaya perlindungan masyarakat;
  13. Menyiapakan bahan rumusan kebijakan, fasilitasi, mediasi dan komunikasi serta menghimpun data dan informasi yang berhubungan dengan pemantauan dan mitigasi bencana;
  14. Melaksanakan kegiatan pemantauan/monitoring, pembinaaan dengan pengendalian penanggulangan dan penggalangan dalam penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi, serta lokasi yang terancam bencana;
  15. Melaksanakan kegiatan pemantauan/Monitoring, Pembinaan, dengan pengendalian dan penggalangan dalam penanggulanagan bencana dan penanganan pengungsi, serta lokasi yang terancam bencana;
  16. Melaksanakan kegiatan antisipasi atau tindakan preventif untuk mengurangi resiko dan dampak dari bencana, melalui kegiatan mengisolasi dan atau membatasi efek kerusakan dan kekacauan akibat bencana, sehingga korban kerugian dan kerusakan dapat diminimalisir dengan menerapakan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi denagn instansi/SKPD terkait;
  17. Merencanakan, melaksanakan, Monev ( Monitoring Evaluasi) terhadap kelembagaan Satuan Pelaksanaan Penanggulangan Bencana (Satlak-PB) dan Satgas-PB dalam rangka antisipasi penanggulangan bencana;
  18. Mendokumentasikan, membuat dan menyelusuri peta wilayah rawan bencana;
  19. Menyiapkan bahan rumusan kebijakan fasilitasi, mediasi dan komunikasi serta menghimpun data/ mengarsipkan dan informasi yang berhubungan dengan kegiatan pengarahan sumber daya bagi upaya penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi;
  20. Membuat rambu-rambu terhadap lokasi rawan bencana;
  21. Mengarahkan segenap potensi sumber daya bagi upaya penyelamatan, penanganan bencana dan pengungsi dalam rangka upaya perlindungan masyarakat;
  22. Mengkoordinasikan, mengupayakan upaya alternative pilihan bagi penanganan bencana dan masalah pengungsi seperti transmigrasi kedaerah lain;
  23. Memberikan rekomendasi yang berhubungan dengan keselamatan terhadap bangunan bertingkat dalam rangka perlindungan masyarakat;
  24. Mengupayakan, melaksanakan dan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada dimasyarakat;
  25. Meningkatkan, kapasitas aparatur di seksi bidang potensi masyarakat;
  26. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sesuai TUPOKSI;
  27. Melaporkan hasil kegiatan/program kerja sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya kepada pimpinan / kepala bidang linmas;
  28. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan/kepala/atasannya sesuai denagn TUPOKSInya.
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

 

No

 

NAMA JABATAN

 

TUGAS POKOK

 

 

FUNGSI

 

URAIAN TUGAS

1 KEPALA SEKSI  PERLINDUNGAN MASYARAKAT Merencanakan, merumuskan, melaksankan pengendalian, mengevaluasi, memberi arahan dan petunjuk  kepada bawahan, memeriksa, mengoreksi hasil kerja bawahan dan membuat laporan kegiatan seksi satuan Linmas.

 

  1. Penyusunan program dan teknis kegiatan Sat-linmas;
  2. Pelaksanaan kebijakan tentang Sat-Linmas dalam kegiatan perlindungan masyarakat;
  3. Pengkoordinasian dan pembinaan kerjasama dengan pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan perlindungan masyarakat;
  4. Pengawasan dan evaluasi terhadap anggota Linmas dalam kegiatan perlindungan masyarakat;
  5. Pelaporan.
  6. Menyiapkan bahan rumusan kebijakan, fasilitasi, mediasi dan komunikasi serta menghimpun dan mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan Tupoksi Seksi satuan perlindungan masyarakat;
  7. Membuat prosedur tetap ( PROTAP ) terkaid dengan penugasan satuan Linmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan kenyamanan penyelenggaraan pemilu;
  8. Melaksanakan kerjasama dan koordinasi sesuai dengan unsur SKPD maupun instansi/ lembaga terkait;
  9. Melaksanakan kegiatan monitoring/ pengawasan, dan pengendalian satuan Linmas di lapangan;
  10. Melaksanakan fasilitasi, sosialisasi dengan kelembagaan Satian Linmas, tugas, fungsi, wewenang, hak dan kewajiban satuan Linmas;
  11. Menyiapkan bahan rumusan kebijakan, fasilitasi, mediasi dan komunikasi serta pengumpulan data dan informasi yang berhubungan dengan Satuan Perlindungan Masyarakat;
  12. Menginvantarisir data, kebutuhan satuan/ pelaksana/ personil, peralatan yang di butuhkan bagi kegiatan Satuan perlindungan masyarakat;
  13. Mendokumentasikan hasil kegiatan;
  14. Menugaskan segenap Satuan Linmas dalam menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat;
  15. Memberikan rekomendasi dan mengkoordinasikan dengan SKPD/ instansi terkait yang berhubungan dengan Satlinmas;
  16. Memberikan rekomendasi terkait dengan penugasan Satuan Linmas;
  17. Meningkatkan kapasitas aparatur satuan Linmas;
  18. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program/ kegiatan sesuai dengan TUPOKSI;
  19. Melaporkan hasil kegiatan program kerja sesuai Tupoksi pimpinan/ kepala bidang .linmas;
  20. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala/ pimpinan/ atasan sesuai dengan Tupoksi.